Konten Marketing Jadi Andalan Bisnis Online, Benarkah?

Konten marketing saat ini semakin menjadi andalan bagi para pelaku bisnis online. Tak perlu heran karena ia dapat menjawab 2 tantangan utama yang dihadapi para pelaku bisnis online. Apa saja tantangan tersebut. Bagaimana sebenarnya konten marketing dapat menyelesaikan 2 masalah tersebut?

Bagaimana Konten Marketing Mendatangkan Pengunjung (Leads)

Konten Marketing

Konten Marketing

Bisnis online itu dijalankan lewat internet. Penjual dan pembeli mungkin saja tidak pernah bertemu sebelumnya. Kalau tidak pernah bertemu, bagaimana cara penjual memberikan penawaran? Makanya, masalah pertama yang harus diselesaikan yaitu pertemuan, alias mendatangkan pengunjung.

Ada 3 alasan konten marketing dapat mendatangkan pengunjung.

1. Orang Butuh Pendapat Orang Lain

Tidak ada orang yang bertahan 100% yakin dengan pendapatnya sendiri. Andaipun ada, pasti bakal berubah ketika lebih dari 100 orang bilang ke dia bahwa pendapatnya salah.

Manusia kan gitu, butuh persetujuan sosial agar merasa bahwa yang dia lakukan tidak salah. Termasuk dalam membeli produk atau  jasa. Apalagi, jika produk atau jasa itu dibeli secara online.

Menurut survei yang dilakukan Google, 50% orang menggunakan internet untuk melakukan perbandingan produk. Sedangkan, 23% responden memakai internet untuk mendapatkan saran. (Survei Consumer Barometer 2017)

2. Lebih Sedikit Orang Mengakses Internet untuk Informasi

Masih bersumber dari data yang sama, ada sisi menarik dari karakter orang Indonesia yang mengakses internet. Ternyata, tujuan utama orang Indonesia mengakses internet bukanlah untuk mendapatkan informasi. Iya, bukan. Tujuan utamanya adalah untuk mencari kesenangan.

Google sendiri yang merilis data consumer barometer 2017. Ada 86% orang Indonesia yang mengakses internet untuk bersenang-senang. Sedangkan untuk mendaptkan informasi, hanya 69%.

Pertanyaannya, kira-kira berapa persen yang dengan sengaja mengakses internet untuk cari-cari iklan bisnis online? Hehee..

3. Konten Marketing Lebih Menarik daripada Iklan

Prinsip dasarnya sederhana, “Tidak ada orang yang suka dijuali, tapi setiap orang suka membeli.”

Psikologi dasarnya pun tidak rumit, berkaitan dengan kontrol kekuasaan. Orang kalau dijuali, akan merasa dia dimanfaatkan. Dia merasa dikuasai orang lain. Tapi, kalau dia yang beli, berarti dia yang sedang berkuasa. Dia mengontrol dirinya sendiri.

Dari  sini terlihat bahwa konten marketing lebih disukai daripada iklan konvensional. Secara jangka panjang, konten marketing akan mendatangkan trafik  yang lebih stabil dan berbiaya murah daripada iklan berbayar.

Bagaimana Konten Marketing Meningkatkan Penjualan (Konversi)

Mendatangkan pengunjung adalah setengah masalah, mengubah pengunjung menjadi pembeli adalah masalah yang lain lagi. Walaupun saudara dekat, tapi mereka ini bukan saudara kembar.

Untuk mendatangkan leads, obyek utamanya adalah rasa ingin tahu. Ini yang harus dipuaskan. Sedangkan, untuk meningkatkan konversi, obyek utamanya adalah hasrat untuk mendapatkan solusi.

Ada 2 alasan kenapa konten marketing mampu meningkatkan penjualan bisnis online.

1. Mudah Membangun Kepercayaan

“Orang tidak membeli suatu produk karena butuh, tapi karena ia percaya pada penjual dan produsen produk itu.”

Untuk 1 masalah saja, bisa jadi ada ribuan produk yang dibuat sebagai solusinya. Misalkan saja, skincare. Entah ada berapa ribu merek produk skincare yang dijual di Indonesia. Bahkan, mungkin bisa sampai puluhan ribu.

Lalu, bagaimana sebuah produk bisa dibeli orang? Ya, karena orang tersebut percaya dengan dengan produsen atau penjualnya. Dan, konten marketing membuat orang mudah percaya.

Kok bisa? Ini karena orang menganggap konten marketing lebih natural. Ia tidak memaksa dan tidak kelihatan artifisial, diada-adakan. Sehingga, lebih mudah untuk membangun kepercayaan.

2. Konten Marketing Memberikan Solusi Secara Lengkap

Kekurangan orang ketika membeli produk adalah ia tidak bisa menggunakan produk tersebut. Akibatnya, ia tidak bisa memanfaatkan produk tersebut secara optimal.  Ketika ini terjadi, pastinya ia bakal kecewa dengan produk tersebut.

Memang sih, bisa jadi produk tersebut sudah dilengkapi manual penggunaan. Tapi, berapa banyak sih orang yang suka baca manual kaku macam begitu? Sedikit pastinya.

Orang lebih suka lihat video tutorial, atau baca pengalaman pemakaian orang lain yang dilengkapi foto-foto. Bagi mereka itu lebih membantu daripada manual bawaan produsen.

Nah, dengan konten marketing, solusi bisa diberikan lengkap. Nggak cuma sekedar produk saja. Kalau mau video tutorial hingga support tanya jawab biasa disediakan.

Konten Marketing yang Bagus

Banyak ukuran untuk menentukan konten marketing bagus atau tidak. Tapi yan pasti, setiap konten harus memiliki tujuan yang jelas.

Ada 3 tujuan utama konten marketing: mendatangkan leads, mengedukasi calon pembeli, dan memberikan penawaran. Konten marketing yang bagus akan berfokus kepada salah satunya. Kebanyakan yang ingin meng-cover semuanya justru jadi tidak berhasil.

Misalnya, untuk mendatangkan leads, bentuk artikel SEO sangat efektif. Untuk edukasi, artikel langkah demi langkah lebih cocok. Untuk memberi penawaran, artikel copywriting lebih baik digunakan.

Jadi, sebelum mulai membuat konten, buat dulu perencanaannya. Dengan merencanakan sejak awal tujuan konten marketing dibuat, akan membantu dalam menciptakan konten yang bagus.

Keterampilan ini memang tidak semua orang bisa. Butuh ketekunan untuk mempelajari dan melatihnya. Kalau mau cepat, menggunakan jasa content writer atau jasa copywriting jauh lebih cepat dan efektif. Secara, jam terbang mereka sudah tinggi.

Kesimpulan

Konten marketing cocok jadi andalan bisnis online. Ini karena ia menyelesaikan 2 masalah: mendatangkan pengunjung dan melakukan konversi.

Alasan content marketing dapat mendatangkan pengunjung karena lebih menarik. Orang butuh pendapat orang lain sebagai informasi. Sedangkan dalam meningkatkan penjualan, konten lebih mudah membangun kepercayaan dan memberikan solusi lengkap.

Setiap konten marketing lebih baik hanya fokus pada 1 tujuan khusus agar efektif. Untuk meningkatkan konversi penjualan, jasa copywriting sangat dibutuhkan.