4 Tips Membuat Akun Instagram Untuk Jualan Yang Efektif dan Benar

Instagram saat ini bukan hanya sekedar media sosial untuk memajang foto dan video, melainkan juga menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Anda pasti sudah sering melihat akun olshop di Instagram, dengan berbagai caption menarik yang sukses mengiklankan produknya. Maka dari itu, disini saya ingin membagikan sedikit tips membuat akun instagram untuk jualan.

Informasi berikut cocok disimak oleh pemula yang sedang belajar menjual produknya di instagram. Walaupun hanya kelihatan sepele, namun tips dibawah memiliki peran yang krusial bagi perkembangan bisnis Anda.

Kalau begitu langsung saja kita simak tips membuat akun instagram untuk jualan berikut ini.

Cara Membuat Akun Instagram Untuk Jualan Agar Tidak Sepi

  1. Perbaiki username dan bio

Hal pertama yang sangat penting untuk diperhatikan adalah username. Hindari penggunaan username alay, namun pilihlah username yang memperkenalkan nama brand Anda. Misalnya @parfummurah, @bajugamis, @tasbandung dan lain sebagainya. Usahakan nama akun Anda singkat, mudah diingat dan branded.
instagram_bio

Setelah selesai mengatur username, Anda juga bisa mencantumkan url website online shop. Jika ini diisi, hal itu bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Langkah terakhir, isi bio singkat yang menjelaskan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan begitu, orang-orang lebih mudah mengenal produk Anda. Bisa juga dengan mencantumkan nomor yang bisa dihubungi untuk pemesanan.

  1. Pasang foto profil menarik

Foto profil menjadi komponen penting selanjutnya yang sangat mempengaruhi akun olshop Anda di instagram. Sebagai foto profil, Anda bisa memilih logo perusahaan atau bisa juga dengan foto produk.

Instagram sendiri menyarankan kepada pengguna agar mengunggah foto 110 pixel. Anda bisa mengunggah gambar yang sedikit lebih dari 110 pixel, supaya tidak pecah saat dibuka via desktop.

Ketika foto profil terlihat jelas dan menarik, pasti mengundang penasaran orang-orang.

  1. Aktif follow akun Instagram lain

Setelah persiapan profil instagram sudah selesai, sekarang kita masuk ke tahap selanjutnya. Yaitu aktif mem-follow atau mengikuti profil instagram lain.

Strateginya, silahkan ikuti akun olshop yang menjual produk sama dengan bisnis Anda, kemudian follow siapa saja followers-nya. Dengan begitu, followers Anda lebih tertarget dan dipastikan lebih mudah menjual produk.
follow instagram

Bisa juga dengan langsung mengikuti profil instagram yang masih relevan dengan niche bisnis. Semisal Anda menjual produk kosmetik, maka bisa mem-follow akun wanita yang sekiranya memakai make-up.

Pokoknya, ikuti akun-akun yang sesuai target jualan Anda. Jangan asal-asalan follow ya.

  1. Update konten secara rutin

Walaupun tujuan Anda membuat akun instagram untuk jualan, sebaiknya jangan lupakan konten. Konten penting sekali bagi perkembangan akun Anda, supaya followers tidak bosan. Ini bisa diakali dengan 3 kali update konten dan 1 update dagangan atau lainnya.

Untuk mengetahui kapan waktu paling tepat update konten, silahkan eksperimen sendiri. Apakah itu pagi, siang atau mungkin malam hari.

Pastikan Anda upload konten yang masih satu tema dengan bisnis. Tidak melulu harus video, konten instagram yang diupload bisa juga dalam bentuk foto.

Kita ambil contoh niche bisnis Anda adalah jualan kosmetik, konten terbaik yang bisa diupload adalah video dan foto tutorial make-up.

Demikianlah postingan singkat mengenai 4 tips membuat akun instagram untuk jualan, semoga bermanfaat. Jangan mengharapkan hasil instan, namun konsisten berusaha dengan harapan berhasil menorehkan kisah sukses jualan di Instagram seperti lainnya. Semoga sukses.